Neli - Capaska 2010 : "Perjalanan untuk menjadi Purna Paskibraka tahun 2010" PDF Print E-mail
Written by Neli Nurjannah   
Thursday, 23 December 2010 15:31

Sebelum kami menjadi PURNA PASKIBRAKA INDONESIA, kami adalah PASKIBRA biasa dari masing-masing sekolah. Kemudian kami semua mengikuti seleksi PASKIBRAKA KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT TAHUN 2010, dihalaman Kantor Wali Kota inilah kami semua dibariskan dari yang tertinggi sampai yang terpendek. 

Setelah kami menunggu lama kemudian dibagi menjadi 2 pleton disinilah kami semua di nilai oleh senior-senior untuk masuk ke-100 besar, sesudah itu kami dibariskan kembali dilapangan disinilah pengumuman siapa-siapa saja yang masuk ketahap berikutnya yaitu 100 besar. Terpilihlah 50 orang putra dan 50 orang putri. Akan tetapi tahap penyeleksian belum selesai masih ada tahap penyeleksian untuk masuk ke-60 besar, untuk masuk ketahap ini kami semua harus menjalankan tes kesenian yaitu kami semua harus menunjukan bakat yang kami miliki dan tes yang terakhir adalah interview. Ketika kami semua sudah mengikuti tes masuklah tahap pengumuman 60 besar, setelah itu terpilihlah 30 orang putra dan 30 orang putri. Kemudian 60 orang putra dan putri pilihan mendapat welcome disinilah kami harus mempunyai mental dan fisik yang kuat untuk kedepannya.

Rabu, 21 April 2010 adalah awal kita semua untuk saling mengenal, awal latihan, awal dibentuknya kekompakan, awal dibentuknya disiplin waktu, awal kita semua untuk saling peduli satu sama lain, dan awal dibentuknya rasa kekeluargaan yang sangat erat. Disini kami semua adalah CAPASKA ( Calon Anggota Paskibraka) 2010. setelah latihan beberapa kali pertemuan kami semua merasakan bahwa teman-teman yang ada disini sangat berbeda dengan teman sekolah, taman main, teman di lingkungan sekitar rumah dan temen-teman lainnya. Karena teman disini adalah keluarga yang dimana kami semua merasaka kebersamaan, susah bersama, senang bersama, lari pagi bersama, pus up barsama, sit up bersama, dihukum bersama, berjemur ditengah lapangan dibawah teriknya matahari bersama, tertawa bersama, batuk bersama, bernyanyi bersama, berteriak bersama, minum bersama, makan bersama, sholat bersama, telat dating latihan bersama, izin untuk tidak sekolah bersama kumpul besama, tidur bersama, bahkan sampai strespun kami bersama-sama. Sedangkan teman-teman yang lain belumtentu mereka ingin merasakan ini semua.

Setelah 10 kali kami latihan ada yang namanya seleksi PASKIBRAKA DKI, dari setiap Wilayah mengirim 30 orang yang terdiri dari 15 orang putra dan 15 orang putri. Kami 30 orang yang terpilih untuk mengikuti seleksi PASKIBRAKA DKI sangat senang akan tetapi dikesenangan ini ada yang kecewa yaitu teman-teman kami yang tidak terpilih untuk mengikuti seleksi PASKIBRAKA DKI, kemudian kamii tetap memberi semangat kepada teman-teman yang tidak terpilih. Lalu kami yang terpilih mengikuti seleksi selama 2 hari, kenudian terpilihlah 6 orang teman kami yang masuk ke PASKIBRAKA TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA.

Dan yang tidak terpilih tetap menjadi PASKIBRAKA diwilayah, untuk selanjutnya kami menjalankan latihan seperti biasa yaitu seminggu 2 kali. Untuk latihan berikutnya tingkat kehadiran kami sangat menurun, mungkin ada sebagian dari angkatan kami yang kecewa karena tidak terpilih untuk mengikuti selaksi dan tidak terpilih menjadi PASKIBRAKA DKI, sehingga merraka yang kecewa menjadi malas untuk dating latihan diwilayah. Sehingga kami yang sering datang latihan selalu mendapat pertanyaan atau teguran dari para senior "pada kemana anggakatan kalian?" kami hanya bisa menjawab dengan berbagai alasan yang kami punya. Kemudian kami menghubungi, mencari informasi dimana mereka dan merangkul mereka untuk datang latihan kembali. Dan ternyata mereka tetap dengan pendiriannya untuk tidak datang latihan kembali.

Sehingga para seniorpun mengambil keputusan untuk diadakan seleksi PASKIBRAKA 2010 yang ke-2. Lalu terpilihlah mereka yang mengikutii seleksi ke-2 dan pada saat latihan selanjutnya kami yang seleksi ke-1 dipertemukan dengan yang seleksi ke-2. mungkin kami yang seleksi ke-1 agak sedikit kecewa dengan adanya seleksi ke-2 tapi apa boleh buat karena tidak akan ada seleksi ke-2 kalau seleksi ke-1 tidak berkurang jumlah angkatannya. Dan kami seddikit-demi sedikit bias menerima kehadiran teman-teman baru kami yang dari seleksi ke-2, senio selalu berkata "disini tidak ada yang namanya seleksi ke-1 atau ke-2 dan kita semuaa disini adalah keluarga."

Setelah beberapa bulan latihan kami menjalani latihan Pra TC disini kami semua diuji mental, fisik, kekompakan, saling membantu satu sama lain dan sebagainya. Berikutnya masuklah ketahap TC (Training Center) selama 2 hari. Hari pertama sampai dilokasi kami semua mendapat welcome dari para senior dan lagi-lagi sangat mengejutkan buat kami semua, setelah welcome kami semua masuk ke barak masingmasing untuk membereskan semua perlengkapan dan peralatan yang ada dalam tas. Di TC ini jadwal kita mandi, sarapan pagi, makan siang, makan malam, latihan PBB, season, istirahat, sampai tidur itu semua sudah diatur waktunya oleh para senior. Hari kedua TcC dihari kedua ini kami ada kunjungan orang tua kami semua mempersembahkan beberapa lagu dan 'memberi setangkai bunga mawar merah dan putih beserta Jilin yang menyala kemudian ditiup bersama untuk kedua orang tua kami. Suasana yang kami rasakan pada saat acara ini berlangsung adalah mengharukan serta bangga. Setelah kunjungan orang tua selesai ada acara selanjutnya yaitu MAKRAB(Malam Keakraban) di makrabini kami dan senior-senior bercanda tawa, saling menghibur dan kita semua merasa senang di malam keakraban ini. Sesudah makrab kami semua kembali ke barak masing-masing untuk beristirahat tidur. Tiba-tiba ditengah malam yang sangat gelap gulita dan kamipun sedang tertidur lelap, tibalah para senior masuk kedalam barak masing-masing untuk membangunkan kami semua dengan cam pukulan botol aqua kosong ke tempat tidur dan pintu kami dengan suara yang sangat keras, kamipun dengan sangat terkejut, rasa takut, dan panik kami semua bangun dari tempat tidur kami masing-masing, kemudian kami semua keluar dari barak masing-masing lalu kami semua memakai sepatu dan menutup mata kami dengan kain berwarna hitam kemudian kami berjalan jongkok dan saling berpegangan bahu teman untuk menuju ketengah lapangan. Disinilah acara jerit malam dilakukan jeritmalam ini terbagi menjadi 5 pos dan beberapa kelompok. Dari kelima pos inilah kekompakan kami, saling peduli, saling menbutuhkan, dan rasa kekeluargaan kami lebih diperkuat lagi satu sama lainnya. Sesudah jerit malam kami semua masuk kedalam suatu ruangan untuk melakukan renungan jiwa disini kami merenungkan segala kesalahan kami, keluh kesah kami dan sebagainya. Setelah acara pada malam hari ini sudah selesai kami semua kembali istirahat dibarak masing-masing. Keesokan harinya kami melanjutkan aktivitas lainnya seperti PBB, cara membawa baki, cam menjadi dangton, cara mengibarkan bendera, dan sebagainya, kami semua kemudian berkemas-kemas untuk persiapan pulang. Inilah TC selama 2 hari yang kami jalankan ini bukan sebuah beban tetapi ini semua pelatihan dan sebuah pelajan yang tidak pernah didapat ditempat lain.

Setelah kami semua menjalankan TC kami diliburka untuk latihan selama 2 hari. Kemudian kami latihan seperti biasa, selang beberapa kali latihan masuklah ke Pra Pengibaran. Pra pengibaran ini kami semua latihan vormasi utuk tugas perdana kami yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2010 sebelumtugas perdana kami dilaksanakan kami menjalani PENGUKUHAN pada tanggal 14 Agustus 2010 di pengukuhan inilah kami semu mengucap sumpah IKRAR PUTRA INDONESIA dihadapan Pejabat Wlikota Administrasi Jakarta Pusat, Para senior, Pam orang tua, dan Pihak sekolah. Setelah kami mengucapkan IKRAR PUTRA INDONESIA nama kami berubah yang sebelumnya adalah CAPASKA menjadi PASKIBRAKA disinilah pertama kali kami memakai PDU(Pakaian Dinas Upacara).

Setelah pengukuhan kami semua tetap latihan vormasi untuk tugas perdana kami. Setelah beberapa kali kami latihhan vormasi dan tanggal / hari yang kami tunggu-tunggu akan segera tiba. Sebelum pengibaran kani semua menginap di Asrama dekat koni, dimalam pengibaran ini pun kami masih melakukan latihan vormassi agar ketika hari Hnya akan berjalan sesuai dengan keinginan kita semua. Hari esok adalah hari yang kami tunggu-tunggu sudah tiba. Pada tanggal 17 Agustus 2010 itu lah tugas perdana kami angkatan 2010 dilaksanakan, pada saat kami menjalankan tugas ini kami semua merasaa senang, bangga, dan semua perjlanan yang kami lakukan, pengorbanan, tetesan keringt, tetesan darah sampai nanah itu semua berubah menjadi air mata kebanggaan kita semua. Ketika kami mendengar lagu KEBANGSAAN INDONESIA RAYA dan dibait terakhir adalah HIDUPLAH INDONESIA RAYA nama kami berubah yang sebelumnya adalah PASKIBRAKA dan sekarang menjadi PURNA PASKIBRAKA INDONESIA KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT ANGKATAN 2010.

Ini adalah bukan akhir dari cerita kami akan tetapi ini adalah awal untuk kami semua.

 

 

 

Last Updated ( Monday, 19 December 2011 17:04 )
 

Pencarian Artikel

Seleksi 2014

  • paskibraka-jakpus02.jpg
  • sam_1589-300x225.jpg
  • sam_1618-300x224.jpg
  • sam_1623-300x182.jpg
  • sam_1629.jpg
  • sam_1650.jpg
  • sam_1653.jpg
  • sam_1700-copy-300x225.jpg
  • sam_1729.jpg
  • sam_1745.jpg
  • sam_1770-copy1-300x225.jpg
  • sam_1773-copy-300x225.jpg

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini117
mod_vvisit_counterKemarin160
mod_vvisit_counterMinggu ini603
mod_vvisit_counterBulan ini4091
mod_vvisit_counterSemua107722

Who's Online

We have 4 guests online

69 Tahun Indonesia Raya

Logo 69 Tahun Indonesia Raya
Hiduplah Indonesia Raya

Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.